Krusial : Pemilihan Ban dan Kompon di Last Minute

Masih teringat, betapa di Catalunya yang mana -bukan merupakan sirkuit asing bagi MM yg merupakan rider spaniard di jajaran rider elite Moto GP-, VR 46 kala itu dapat dikatakan menang gemilang, tentu hal tersebut terjadi tidak semudah seperti membalik telapak tangan, sejak FP sebenarnya VR tidak terlihat sedemikian mendominasi, namun seorang ~legend tidaklah berdiri sendiri tentunya. Jajaran Pentolan Yamaha khususnya Lin Jarvis tentu bukan pribadi gegabah, mendengar masukan dari para ahli tentu menjadi hal yang sangat bermanfaat jika ingin menguasai saat real Race, dan VR pun manut. Betapa tidak, mulai sejak laga pembuka Qatar VR selalu berdiskusi dengan expert untuk urusan Ban. Tidak kurang, Nama-nama sekaliber Pit Baumgartner  Insinyur Bridgestone  asal Jerman dan Masao Azuma (si Masao ini sangat bisa jadi orang jepang) memberi masukan yang tentunya dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dengan kualifikasi ilmu/expertise mereka, so sepertinya semua input di Mix&Match dalam paket motor YZF M1, dan hasilnya pun Cetar dan Badai.

Namun, mengutip sebuah pengibaratan yang menyatakan bahwa “Sejarah Berulang”, hal demikian terjadi juga pada MM 93 pada seri Sachs GP. Rider Honda diketahui sedemikian baik mempertahankan performa sejak FP dengan Ban Asimetris, dalam kondisi yang sengit namun seimbang karena sama-sama menggunakan ban asimetris, terlihat duo Repsol Honda nyaman berada di depan terbukti pole 1-2 juga dikuasai duo Repsol Honda.

So, di mana kah letak krusialnya pemilihan Ban sebagaimana disebutkan di judul? MBY sekalian, MM dan Pedro ternyata memutuskan untuk start pada real race GP Sachs menggunakan hard kompon (Hard compound) non simetris, alias hard kompon ban Normal. The Result, MM-DP ,1-2 juga sebagaimana pada saat start. Selebihnya jika anda memperhatikan interview pasca race, rider elit lainnya, selain menyatakan bahwa kembali membaiknya performa Honda karena faktor -Chassis- racikan 2014, pemilihan Ban di last minute menjelang the real race juga penting.

Iklan

One thought on “Krusial : Pemilihan Ban dan Kompon di Last Minute

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s